[Sejarah] Sang Pencetus Piala Dunia, Jules Rimet

Para pencinta sepakbola seantero jagat selayaknya patut untuk mengenang hari ini sebagai hari yang bersejarah di dunia sepakbola dunia. Tepatnya tanggal 1 Maret tahun 1921 / 94 tahun yang lalu, seorang sosok pengacara yang berasal dari Prancis, Jules Rimet terpilih dinobatkan menjadi Presiden FIFA yang ketiga. Jules Rimet bukanlah sosok yang sembarang di dalam dunia sepakbola Internasional. Pria yang berasal dari Prancis tersebut tidak hanya sebagai sosok tokoh yang terlibat langsung dalam berdirinya organisasi sepakbola dunia, FIFA. Namun hal yang akan paling dikenang oleh seantero pecinta sepakbola di dunia adalah, usulannya untuk membuat gagasan turnamen yang diikuti oleh semua negara di dunia. Nantinya, turnamen tersebut telah berkembang menjadi turnamen sepakbola paling prestisius di dunia sepakbola internasional. Dan tebentuklah gagasan tersebut dengan nama Turnamen Piala Dunia

Jules Rimet

Jules Rimet memiliki gagasan untuk penyelenggaraan Piala Dunia tersebut ketika Jules Rimet menjabat menjadi presiden FIFA kala itu. Usulan tersebut diajukan oleh Jules Rimet pada tahun 1928, dan baru dipraktekkan dua tahun setelahnya, di mana perhelatan kejuaraan Piala Dunia untuk pertama kalinya di tahun 1930, digelar di negara Uruguay. Dan atas jasa besarnya tersebut, nama Jules Rimet pun digunakan sebagai nama dari piala kejaraan tersebut. Terbentuknya gagasan piala dunia tersebut jauh sebelum diterima, Jules Rimet bersama dengan beberapa teman-temannya berinisiatif untuk mendirikan suatu organisasi yang menaungi wadah sepakbola di seluruh dunia. Dan akhirnya lahirlah FIFA pada tahun 1904. Kompatriot Jules Rimet, yakni Robert Guerin, dipilih untuk menjabat sebagai presiden FIFA yang pertama selama masa jabat dua tahun, sebelum Guerin digantikan dengan Daniel Woolfal.

Di organisaasi FIFA, Jules Rimet sendiri menduduki jabatan presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) dari tahun 1919, sebelum akhirnya Jules Rimet terpilih sebagai presiden FIFA untuk masa bakti selama dua tahun berikutnya menggantikan Woolfal. Dua jabatan tersebut dilakoni oleh Jules Rimet secara bebarengan dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, hingga akhirnya Jules Rimet memutuskan untuk pensiun dari jabatannya sebagai presiden FFF di tahun 1942. Meski pensiun dari jabatannya sebagai presiden FFF, namun Jules Rimet tetap melanjutkan kinerjanya di FIFA hingga tahun 1954.

Masa jabatan yang telah berjalan selama 33 tahun tersebut menjadikan Jules Rimet sebagai presiden FIFA yang menduduki jabatan tersebut terlama sepanjang sejarah. Ada nama Joao Havelange (1974-1998) berada di bawah Jules Rimet dengan lama menjabat dalam kurun waktu 24 tahun. Selama Jules Rimet menjabat dalam kurun waktu lebih dari 3 dekade itu, Jules Rimet juga telah menambah anggota FIFA dari sebelumnya hanya beranggotakan 12 orang saja, kini telah bertambah menjadi 85 orang di akhir masa jabatannya. Dan pada tahun 1956, atau dua tahun usai Jules Rimet melepaskan jabatannya tersebut sebagai presiden FIFA, Jules Rimet akhirnya meninggal dunia yang kejadiannya terjadi hanya selang dua hari setelah Jules Rimet merayakan hari ulang tahunnya yang ke-83. Demikian informasi ini yg kami sadur dari web bola ini.

Profil

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.